Konsep Memanusiakan Alam & Lingkungan

By Tester 05 Apr 2019, 22:03:19 WIBArtikel

Konsep Memanusiakan Alam & Lingkungan

Keterangan Gambar :


Agama Hindu seperti yang sering saya kemukakan saat Dharma Wacana, maupun di media ini, memiliki banyak konsep yang mampu menuntun kita menuju kebahagiaan lahir dan bhatin. Salah satu dari konsep itu adalah; KONSEP MEMANUSIAKAN ALAM DAN LINGKUNGAN. Sehingga hal tersebut di Bali Khususnya ada hari-hari tertentu untuk menghormati ciptaan Tuhan dan bersyukur atas anugrah Tuhan, seperti Hari Tumpek Uduh, mendo'akan tumbuh-tumbuhan, Tumpek kandang (andang), mendo'akan hewan, dan yang lainnya lagi. Termasuk adanya upacara Sad Kertih; wana kertih, segara kertih, danu kertih, dll. Semuanya itu merupakan sebuah ajaran yang semestinya di wujud nyatakan di dalam kehidupan sehari-hari berupa tingkah laku dan prilaku, tidak hanya sebatas upacara saja. 

Setiap upacara itu mengandung makna yang sangat perlu dipraktekkan di dalam kehidupan kita. Kembali kepada pokok pembahasan tadi, tentang tempat-tempat seperti tersebut sudah diyakini sebagai tempat yang disucikan, antara lain; Gunung, Danau, Hutan, dan Laut. Bila unsur-unsur ini kita abaikan dan kita rusak maka sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. 

Secara keyakinan dan termuat pula di dalam Siwatattwa, Gunung itu juga disebut LINGGA CALLA. Diyakini sebagai Linggih Ida Bhatara Siwa, Danau dan laut juga disebut YONI, sebagi simbul pradana diyakini sebagai linggih Dewi Danu (Dewi Uma), dan Sungai itu disejajarkan dengan sungai Gangga, sebagai stana Dewi Gangga, Maka dari itu janganlah menerusakan kebiasaan yang buruk membuang sampah, kotoran limbah ke sungai, akibatnya kita juga yang akan merasakan. 

Yang terakhir adalah hutan, mengenai hutan ini ceritanya ada di Kekawin Boma kawya, hutan itu hasil pertemuan Dewa Wisnu dengan Bhatari Bahsundari (Pertiwi), secara ilmiah juga para ilmuwan menyebutkan hutan merupakan paru-paru dunia, banyak lagi manfaat hutan bagi kehidupan manusia. 

Oleh karena itu marilah kita meyakini dan mempraktikan ajaran MEMANUSIAKAN ALAM DAN LINGKUNGAN, namun sebelumnya kita harus mampu memanusiakan diri kita sendiri sebelum memanusiakan yang lainnya. Untuk kepentingan kita bersama dan kepentingan masa depan anak cucu kit.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • wholesalers

    Do you mind if I quote a couple of your articles as long as I provide credit ...

    View Article
  • Devon

    When someone writes an post he/she maintains the image of a user in his/her brain ...

    View Article
  • Octavio

    Hello, i think that i saw you visited my blog thus i came to “return the ...

    View Article
  • Hydraulic Pump Parts Kit

    Incredible points. Solid arguments. Keep up the great spirit. ...

    View Article